Berita Seputar Kegiatan PPK

Jurnal Kependudukan Indonesia Terbitkan Edisi Khusus Demografi dan COVID-192 min read

August 7, 2020 2 min read

author:

Jurnal Kependudukan Indonesia Terbitkan Edisi Khusus Demografi dan COVID-192 min read

Reading Time: 2 minutes

Jakarta, Humas LIPI. Jurnal Kependudukan Indonesia (JKI) yang dikelola oleh Pusat Penelitian Kependudukan LIPI merupakan jurnal yang bersifat peer review,  diterbitkan dua kali dalam satu tahun, yaitu Juni dan September.

“JKI, saat ini menerbitkan edisi khusus sebagai hasil rangkuman berbagai artikel pendek dari studi demografi dan sosial pandemi COVID-19”, tutur Ketua Dewan Redaksi, yang juga Peneliti Pusat Penelitian Kependudukan LIPI, Mita Novaria, dalam acara webinar peluncuran JKI edisi khusus “ Demografi dan COVID-19 di Indonesia”, pada Kamis (6/8).

Mita menjelaskan artikel diterbitkan berupa hasil kajian kependudukan dalam arti luas, termasuk isu ketenaga kerjaan, ekologi manusia dan kependudukan lainya. Penyebaran COVID-19 yang cepat mengungkapkan perlunya memahami bagaimana dinamika penduduk dalam berinterkasi di masa pamdemi.

“Kajian demografi dapat membantu melihat, dan memproyeksikan dampak pandemik dan konsekuensi ekonomi, terhadap dinamika populasi di negara ini”, jelasnya.

Sejak akhir April hingga pertengahan Juni 2020 Jurnal Kependudukan Indonesia (JKI) memperoleh respon lebih dari 50 artikel pendek yang menyoroti perkembangan situasi COVID-19 di Indonesia dalam perspektif demografi dan lensa kajian sosial. Penulis berasal dari berbagai latar belakang keilmuan dan institusi mewakili hampir semua wilayah geografis di Indonesia.

“Berdasar hasil penelaahan mitra bestari, terpilih 20 judul artikel untuk JKI edisi khusus dan  diterbitkan online pada 28 Juli 2020 lalu”, kata Mita.

Dalam peluncuran JKI edisi khusus ini, ada 7 penulis yang memaparkan  artikelnya, dengan judul: (1). Penanggulangan COVID-19 dalam kerangka teori klasik kependudukan malthus; (2). Pertimbangan demografi di tengah pandemi COVID-19: kebijakan pembatasan perjalanan ke provinsi Papua; (3). Dampak Pandemi COVID-19 dalam perspektif gender di Indonesia; (4). Produktivitas selama work from home: sebuah analisis psikologi sosial; (5). Mempersiapkan ketahanan keluarga selama adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi COVID-19; (6). Trapped populations: menangani pandemi COVID-19 untuk penyintas bencana di kota Palu; ( 7). Teknologi kecerdasan buatan, Big Data Analysis, dan Internet of Things: potensi dan perannya dalam penanganan COVID-19 di Indonesia.

Sebagai tambahan informasi Jurnal Kependudukan Indoneisa edisi khusus ini dapat di buka pada tautan: https://ejurnal.kependudukan.lipi.go.id/index.php/jki/issue/view/40. (swa/ed:mtr)

116647085_2639809869590776_6528174429228990830_n.jpg

Author

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *