Reading Time: < 1 minute

KEPENDUDUKAN LIPI
VISI

Menjadi lembaga ilmu pengetahuan berkelas dunia yang mendorong terwujudnya kehidupan
bangsa yang adil, cerdas, kreatif, inegratif, dan dinamis
yang didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi yang humanis
MISI

- Berkontribusi dalam kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan terkait dinamika penduduk dan lingkungan.
- Pengembangan kegiatan penelitian terkait dinamika penduduk dan lingkungan untuk aplikasi pembangunan.
- Pengembangan kompetensi tenaga peneliti dan staf penunjang.
- Peningkatan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana lembaga.
TENTANG KEPENDUDUKAN LIPI

#MencatatCOVID-19

Slide Slide Slide

Kajian Kependudukan


Something is wrong.
Instagram token error.

kependudukanlipi

Follow
Load More


Facebook Kependudukan LIPI

Wilayah Jawa bagian selatan memiliki sumber daya karst yang cukup besar dan potensial untuk dikembangkan perikanan darat. Pengembangan agribisnis perikanan sangat strategis untuk pemenuhan kebutuhan pangan keluarga hingga dimanfaatkan secara ekonomi sebagai sumber mata pencaharian. Hasil penelitian menunjukkan kelangsungan usaha agribisnis perikanan perlu peran serta dari pemerintah sebagai penentu kebijakan. Pemerintah perlu menumbuhkan kemitraan dengan menciptakan lingkungan yang kondusif dan menyerap berbagai aspirasi yang berkembang di masyarakat. Pemanfaatan karst untuk agribisnis perikanan darat tentu saja harus berwawasan lingkungan dan menjaga kelestariannya.

Selengkapnya tulisan Inayah Hidayati, Peneliti di Pusat Penelitian Kependudukan LIPI dengan judul ‘Potensi Agribisnis Perikanan Darat di Daerah Karst Jawa Bagian Selatan’ dapat dibaca pada:

ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKG/article/view/29047/17284

#LIPI Kependudukan
See MoreSee Less

View on Facebook

This article investigates this situation using a rapid survey of communities in Bintan Island and Kapo-Kapo Island in the Mandeh Waters area, and finds that the development of small-scale infrastructure has a different impact on the two regions observed. An elaboration of various field findings from Intan Adhi Perdana Putri, Researcher in Research Center for Population LIPI, and her colleagues is presented in detail in this article:

Yandri, P., Kusumartono, F. H., Rianto, N., & Putri, I. A. P. (2020, November). Understanding the Implementation of Small-Scale Water and Other Infrastructure Developments in Small Islands in Indonesia: A Rapid Survey in Bintan and Mandeh Islands. In Forum Geografi (Vol. 34, No. 2).

#LIPI #Kependudukan
See MoreSee Less

View on Facebook

Pendidikan anak usia dini (PAUD) memegang peranan penting bagi tumbuh kembang anak. Pada banyak literatur disebutkan anak usia dini masuk pada masa emas (golden age). Sebab itu, intervensi terbaik pada usia tersebut adalah pengembangan karakter dan pengenalan literasi dasar. Membangun anak-anak yang siap untuk belajar di jenjang selanjutnya.

Selengkapnya tulisan Anggi Afriansyah, Peneliti Sosiologi Pendidikan di Pusat Penelitian Kependudukan LIPI dengan judul ‘Utamakan Pendidikan Anak Usia Dini ’ dapat dibaca pada:

nasional.sindonews.com/read/247102/18/utamakan-pendidikan-anak-usia-dini-1606399917?showpage=all

#LIPI #Kependudukan
See MoreSee Less

View on Facebook

#BukuBaru

Buku ini menunjukkan bahwa penguatan membangun ketahanan di tingkat masyarakat tidak terlepas dari bagaimana pemerintah menyusun prioritas dan target dari penanganan banjir. Karaktertik penduduk yang terdampak atau penduduk rentan harus dipertimbangkan dalam program pengendalian banjir. Penanganan banjir yang ideal tidak dapat semata fokus pada infrastruktur pengendali banjir. Penekanan pada infrastruktur sosial yang terdiri dari keterlibatan penduduk terdampak sangat penting untuk keberhasilan penanganan banjir yang berkelanjutan. Pertimbangan ini juga akan menguatkan pembangunan ketahanan masyarakat menghadapi banjir sekaligus mendukung upaya membangunan ketahanan dalam konteks wilayah yang lebih luas.

Selengkapnya dapat dibaca dalam buku dengan judul ‘PENDUDUK DAN BANJIR DI KOTA: REFLEKSI DARI MEDAN DAN SURABAYA’ yang ditulis oleh Luh Kitty Katherina, Gusti Ayu Ketut Surtiari, Lengga Pradipta, Fadjri Alihar, Dwiyanti Kusumaningrum dan Puji Hastuti.

#LIPI #kependudukan #buku
See MoreSee Less

View on Facebook

#Repost @lipiindonesia
・・・
#SahabatLIPI,⁣

Banyak peristiwa telah kita lalui di 2020, semoga menjadi pengalaman dan pelajaran hidup dan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik.⁣

Mari wujudkan berbagai rencana baik di 2021, semoga semakin banyak ide-ide sains inovatif kita guna memperkuat daya saing bangsa.⁣

#Lipi #membangunbangsadenganilmupengetahuan #SahabatLIPI #InovasiIndonesia #tahunbaru
See MoreSee Less

View on Facebook

#Repost @lipiindonesia with @make_repost
・・・
Selamat Natal untuk #SahabatLIPI yang merayakan.⁣

Semoga selalu berkelimpahan nikmat sehat dan sejahtera.⁣

#lipi53 #SahabatLIPI #natal2020
See MoreSee Less

View on Facebook

Seputar Kegiatan PPK


Potensi Agribisnis Perikanan Darat di Daerah Karst Jawa Bagian Selatan’ dapat dibaca pada:

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKG/article/view/29047/17284

#LIPI #Kependudukan

Tulisan Anggi Afriansyah, Peneliti Sosiologi Pendidikan di Pusat Penelitian Kependudukan LIPI dengan judul ‘Posisi Ilmu-Ilmu Sosial Humaniora di Sekolah’ dapat dibaca pada:

https://nasional.sindonews.com/read/237188/18/posisi-ilmu-ilmu-sosial-humaniora-di-sekolah-1605708681/

#LIPI #Kependudukan

Artikel Anggi Afriansyah, Peneliti Sosiologi Pendidikan di Pusat Penelitian Kependudukan LIPI dengan judul ‘Utamakan Pendidikan Anak Usia Dini ’ dapat dibaca pada:

https://nasional.sindonews.com/read/247102/18/utamakan-pendidikan-anak-usia-dini-1606399917?showpage=all

#LIPI #Kependudukan

#BukuBaru ‘PENDUDUK DAN BANJIR DI KOTA: REFLEKSI DARI MEDAN DAN SURABAYA’ yang ditulis oleh Luh Kitty Katherina, Gusti Ayu Ketut Surtiari, Lengga Pradipta, Fadjri Alihar, Dwiyanti Kusumaningrum dan Puji Hastuti.

#LIPI #kependudukan #buku

Banyak peristiwa telah kita lalui di 2020, semoga menjadi pengalaman dan pelajaran hidup dan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik.⁣

Mari wujudkan berbagai rencana baik di 2021, semoga semakin banyak ide-ide sains inovatif kita guna memperkuat daya saing bangsa.⁣

Load More…