Hari Diabetes Sedunia 2017

Puguh Prasetyoputra*

 

Pada hari Selasa, 14 November 2017, dunia memperingati Hari Diabetes Sedunia. Hari ini diperingati untuk pertama kalinya 26 tahun silam dipimpin oleh Federasi Diabetes Internasional (International Diabetes Federation, IDF) dan Organisasi Kesehatan Dunia dalam merespon meningkatnya ancaman kesehatan yang diakibatkan oleh kondisi diabetes.

Seperti yang dilansir dari laman situs IDF, tahun ini Hari Diabetes sedunia bertemakan “Wanita dan Diabetes: Hak Kita untuk Masa Depan yang Sehat.” Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization, WHO), sekitar 8% dari wanita, atau setara dengan 205 juta wanita, mengidap diabetes. Wanita yang hamil dan dia mengidap diabetes maka akan memiliki risiko kesehatan untuk dia sendiri dan anaknya, dan lebih besar kemungkinan untuk anaknya mengidap diabetes ketika dewasa.

Diabetes merupakan penyakit atau kondisi dimana seseorang memiliki kadar gula yang terlalu tinggi dan jika berlangsung dengan waktu yang lama dapat menyebabkan masalah kesehatan. Seperti yang dilansir dari situs WHO, diabetes merupakan penyebab utama kebutaan, gagal ginjal, serangan jantung, stroke, dan diamputasinya kaki. Terdapat tiga jenis diabetes yang paling sering dijumpai, yaitu diabetes tipe 1, tipe 2, dan diabetes gestational.

Diabetes tipe 1 terjadi karena tubuh tidak memproduksi insulin yang berfungsi mengurai gula dalam darah. Ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel yang memproduksi insulin. Diabetes tipe ini biasanya ditemukan pada saat masih anak-anak atau remaja. Sedangkan pada diabetes tipe 2, tubuh tidak memproduksi insulin atau tidak dapat menggunakannya dengan baik. Diabetes jenis ini biasanya mulai dialami pada masa paruh baya atau lansia. Kemudian tipe yang terakhir, diabetes gestational, terjadi ketika seorang wanita mengandung. Biasanya kondisi ini akan kembali seperti semula ketika wanita tersebut sudah melahirkan.

Diabetes memang tidak dapat disembuhkan. Namun, jika kita mengelola dengan baik kadar gula darah maka kita dapat mencegah komplikasi yang disebabkan olehnya. Oleh karena itu memperingati Hari Diabetes Sedunia sangat penting untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang penyakit Diabetes sehingga dapat mencegahnya.

 

*Peneliti Demografi Kesehatan di Kelompok Penelitian Keluarga dan Kesehatan LIPI

PPK LIPI on Twitter

Go to top