#BukuBaru

Buku Siapkah Penduduk Menghadapi Ancaman Multibencana di Perdesaan? mendiskusikan kerentanan penduduk perdesaan dalam menghadapi perubahan lingkungan yang berdampak pada bencana. Alih fungsi lahan yang ditandai oleh masifnya konversi hutan menjadi perkebunan (khususnya kelapa sawit), pembalakan liar, serta peningkatan lahan pertanian dan permukiman akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada musim kemarau panjang pun menjadi lebih sering terjadi.

Kondisi ini berpengaruh terhadap kerentanan lingkungan, kerentanan fisik dan kerentanan sosial ekonomi penduduk, termasuk penduduk marjinal (Orang Rimba). Kerentanan semakin meningkat karena bencana berdampak pada kehidupan penduduk, terutama kelompok rentan (anak-anak dan lansia), dan keberlanjutan livelihood, khususnya kegiatan pertanian dan perkebunan yang menjadi sumber mata pencaharian utama penduduk.

#Publikasi terbaru terbitan @pustakaobor_id dari Deny Hidayati, Syarifah Aini Dalimunthe, Intan Adhi Perdana Putri, Andini Desita Ekaputri, Herry Yogaswara dan Ali Yansyah Abdurrahim dengan judul ‘Siapkah Penduduk Menghadapi Ancaman Multibencana di Perdesaan?’ dapat dipesan melalui obor.or.id, e-commerce @shopee_id @tokopedia dan toko buku di kota anda.

#LIPI #kependudukan

104410756_2602588803312883_3218577484621831052_o.jpg

powered by social2s
Go to top