Masalah kesehatan ibu dan anak Orang Asli Papua (OAP) merupakan bagian Hak Asasi Manusia (HAM), maka pemenuhan terhadap pelayanan kesehatan ibu dan anak OAP di Papua Barat merupakan pemenuhan terhadap HAM. Policy Paper ini bertujuan memberikan strategi alternatif untuk peningkatan pelayanan kesehatan ibu dan anak di Provinsi Papua Barat. Pelayanan kesehatan ibu dan anak menghadapi berbagai tantangan yang terkait dengan keterbatasan aspek struktural dan sosial- kultural. Aspek struktural dimanifestasikan dalam bentuk sarana dan prasarana kesehatan serta permasalahan kelembagaan dan regulasi. Sedangkan hambatan dari aspek sosial-kultural terkait dengan pengguna layanan kesehatan dari OAP, yakni: adat dan kebiasaan yang terkait dengan perilaku kesehatan ibu dan anak mulai dari usia remaja, saat kehamilan, saat persalinan, hingga masa menyusui. Terhadap permasalahan tersebut direkomendasikan secara struktural dan sosial-kultural dengan menggunakan pendekatan dari hulu ke hilir berdasarkan siklus hidup untuk meningkatkan pelayanan.

Selengkapnya Policy Paper dengan judul STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK UNTUK ORANG ASLI PAPUA (OAP) DI PROVINSI PAPUA BARAT dapat diakses pada halaman:

 

http://kependudukan.lipi.go.id/id/publikasi/naskah-kebijakan/file/63-strategi-peningkatan-pelayanan-kesehatan-ibu-dan-anak-untuk-orang-asli-papua-oap-di-provinsi-papua-barat

 

Screen_Shot_2020-03-23_at_14.52.31.png

#LIPI #kependudukan #kesehatan #orangaslipapua #kesehatanibudananak

powered by social2s
Go to top