Tidak banyak yang mengetahui bahwa tanggal 12 November dijadikan sebagai Hari Ayah Nasional. Selama ini Hari Ibu lebih banyak dirayakan secara meriah.

Peringatan hari Ayah mungkin hadir sebagai penyeimbang peringatan hari Ibu di Indonesia, tetapi hal yang menarik untuk dilihat lebih jauh adalah adanya makna dan tujuan yang berbeda dari kedua peringatan tersebut.

Hari Ibu dijadikan sebuah peringatan nasional untuk mengapresiasi perjuangan perempuan yang dianggap sebagai warga kelas dua di dalam masyarakat. Hal ini terlihat dari isi diskusi kongres perempuan pertama yang mengedepankan permasalahan perkawinan anak, kekerasan dan efek perceraian bagi perempuan. Kongres tersebut memberikan kesan yang baik mengenai bagaimana kaum perempuan bisa berjuang melawan kekerasan dan pemaksaan.

Di sisi lain perayaan hari ayah dideklarasikan karena pertanyaan sederhana, “sudah ada hari Ibu, lantas kapankah perayaan hari Ayah?”. Kedua asal-usul peringatan ini menjadi titik tolak bagaimana masyarakat memaknai peran perempuan dan laki-laki di Indonesia.

Selamat Hari Ayah Nasional 2019

 

WhatsApp_Image_2019-11-12_at_08.44.30.jpeg

powered by social2s
Go to top

Artikel terkait