Segenap sivitas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila pada Sabtu (1/6). Adapun tema Hari Lahir Pancasila pada tahun ini adalah “Kita Indonesia, Kita Pancasila.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila adalah momentum mengenang dialog yang sedemikian mendalam dan demokratis dari founding fathers Indonesia,” jelas Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko yang bertindak selaku inspektur upacara. Menurut Handoko, Hari Pancasila selayaknya jadi momen untuk menguatkan fondasi bangsa, dan merasakan indahnya bersatu, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan masyarakat beragam untuk mencapai cita-cita bangsa.

Menurut Handoko, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. "Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Handoko kembali mengingatkan bahwa LIPI mengemban tanggungjawab dan ekspektasi yang besar dari pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam bidang pengembangan ilmu pengetahuan. “Saya meminta seluruh sivitas LIPI untuk menyikapi hal tersebut secara professional dan lebih fokus pada peningkatan kompetensi diri,” jelasnya. Dirinya berharap pada seluruh civitas LIPI untuk bersama-sama bersiap dengan bekal integritas dan profesionalitas guna mengantisipasi setiap perkembangan yang sedemikian cepat.

Sebagai penutup, Handoko mengajak seluruh sivitas LIPI untuk terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila juga dilakukan di satuan- satuan kerja LIPI yang berada di wilayah Bogor, Cibinong, Bandung, Bali, hingga Bitung.

61462304_2299095803662186_7306799591762952192_n.jpg

powered by social2s
Go to top

Artikel terkait