Hari ini LIPI mengadakan diskusi dengan tema ‘Peran Keluarga sebagai Pondasi Masa Depan Indonesia’ dalam rangka Hari Keluarga Internasional pada tanggal 15 Mei 2019. Hadir sebagai pembicara Aini Herminiati (PTTG LIPI), Augustina Situmorang (P2 Kependudukan LIPI) dan Aulia Hadi (PMB LIPI).

Keluarga merupakan unit organisasi pertama yang berpengaruh dalam membangun karakter bangsa. Seorang anak mendapatkan pendidikan pertamanya di keluarga sehingga lingkungan keluarga berpengaruh besar dalam kebutuhan dan perkembangan anak secara fisik maupun mental.

Hasil penelitian Augustina dan tim Keluarga dan Kesehatan di P2 Kependudukan LIPI menunjukkan sebagian besar orang tua merasa kesulitan dalam berkomunikasi secara intensif dengan anak usia remaja, terutama kesenjangan akses media digital. Hal ini dikuatkan dengan temuan hasil kajian Aulia yang menunjukkan pentingnya orang tua untuk memaham kebutuhan anak sesuai usia dan perkembangan zaman. Literasi digital menjadi hal penting yang perlu dipahami orangtua.

Selain dari sisi peran keluarga dalam perkembangan mental anak, Aini memaparkan kajiannya terkait peran keluarga dalam pertumbuhan fisik anak. Di Indonesia, malnutrisi terjadi tanpa memandang latar ekonomi. Kelompok kaya cenderung mengalami overnutrition (kelebihan nutrisi), sedangkan kelompok miskin hingga menengan mengalami undernutrition (kurang nutrisi). Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun menunjukkan angka stunting cukup tinggi pada kelompok berpendapatan menengah. Hal ini menunjukkan bahwa masalah mendasar dari stunting bukanlah ekonomi namun kurangnya pengetahuan dan pola asuh dalam pemilihan konsumsi.

 

hargainternasional.jpg

#LIPI #kependudukan #harikeluargainternasional #internationaldayoffamilies

powered by social2s
Go to top

Artikel terkait