Tim Peneliti PN Proteksi Sosial Pusat Penelitian Kependudukan LIPI melakukan seminar rancangan penelitian penelitian dengan judul "Pemanfaatan Jaminan Kesehatan Nasional dalam Upaya Meningkatkan Produktivitas Masyarakat" yang dipresentasikan oleh Dewi Harfina dan "Perluasan Partisipasi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan untuk Mendukung Produktivitas Penduduk" yang dipresentasikan oleh Triyono di Widya Graha LIPI pada tanggal 9 April 2019.

Sesi pertama Dewi Harfina menegaskan bahwa penelitian ini berfokus pada implementasi JKN dengan pekerja sektor informal. Selama ini, sudah banyak penelitian terkait permasalahan JKN, namun penelitian JKN khusus pada pekerja sektor informal dan pemanfaatannya masih sangat terbatas.

Kemudian Triyono menyampaikan penelitian timnya pada sesi kedua. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi kebijakan untuk peningkatan akses pekerja sektor informal terhadap jaminan sosial ketenagakerjaan dan partisipasi pekerja sektor informal dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan. Saat ini, sistem ketenagakerjaan di Indonesia masih banyak yang berskema kontrak/tidak tetap, sehingga ini agak menyulitkan keberlanjutan program BPJS ketenagakerjaan.

Hadir dalam seminar ini beberapa pembahas dari berbagai latar belakang yaitu Prof. dr. Laksono Trisnantoro dari FKU UGM, Teguh Dartanto, Ph.D dari FEB UI, Dr. (cand.) Albertus Girik Allo dari FEB UGM, dan Naufal Mahfudz, MM dari BPJS Ketenagakerjaan.

57064300_2266578423580591_1816092862022942720_o.jpg#LIPI #kependudukan #ketenagakerjaan #proteksisosial #jamkes #jamsos

powered by social2s
Go to top

Artikel terkait