Pada tanggal 30 Januari 2019 Pusat Penelitian Kependudukan LIPI menyelenggarakan Farewell Lecture yang disampaikan oleh Dr. Makmuri Sukarno yang akan pensiun pada bulan ini. Pak Muri, demikian ia disapa memulai karirnya di LIPI (dulu Leknas) sejak tahun 1984. Peneliti senior yang merupakan putra asli Kebumen ini merupakan PhD bidang Demography di Australian National University (ANU) dengan disertasi berjudul The Transition from School to Work and Job-seeking Behavior in Three Cities of Java.

Pak Muri dikenal koleganya sebagai peneliti yang kaya akan referensi bacaan. Ia senang mendiskusikan beragam hal dan berdialog tentang isu apapun. Keuletan dan kegigihan membaca membuatnya menjadi rujukan bagi kolega peneliti untuk mencari jawaban dari studi-studi atau penelitian yang sedang dilakukan. 

Ia pun sosok yang kritis dan seringkali memiliki cara pandang yang berbeda dalam melihat beragam fenomena, isu, maupun temuan lapangan. Pada Farewell Lecture ini ia mengajak para peneliti untuk terus kritis dalam melihat realitas dan tidak terjebak pada hegemoni teoritis yang disuguhkan barat. 

Terima kasih Pak Makmuri atas pengabdiannya dan pertanyaan kritis dan menggelitik selama ini. Selamat menikmati waktu berkumpul dengan keluarga.

 51140352_2226319744273126_6386121872387342336_n.jpg

Diliput oleh: Anggi Afriansyah, Pusat Penelitian Kependudukan LIPI

Go to top

Artikel terkait