Pada tanggal 5 Maret 2019 dilaksanakan Seminar Riset Desain Kelompok Penelitian SDM dan Tenaga Kerja dengan judul "Reorientasi Balai Latihan Kerja di Daerah untuk Menyiapkan Tenaga Kerja" yang dipresentasikan oleh Vanda Ningrum peneliti P2 Kependudukan LIPI.

Perubahan cara-cara produksi pada era Revolusi Industri 4.0 ini telah menuai perdebatan, antara lain karena menyebabkan PHK, ketimpangan penguasaan teknologi, maupun belum siapnya aturan yang mengatur bisnis online. Di lain sisi, industri 4.0 juga membuka kesempatan bagi UMKM untuk mengembangkan pasarnya dan memunculkan industri kreatif baru. Namun, bagaimana momentum ini bisa dimanfaatkan angkatan kerja di daerah? 

BLKD sebagai pusat pengembangan SDM di daerah sangat diperlukan untuk menyiapkan keterampilan tenaga kerja lokal yang sesuai dengan potensi daerah dan memanfaatkan momentum saat ini. Kesiapn BLKD penting mengingat BLKD merupakan jembatan kesenjangan antara lulusan sekolah dengan tenaga kerja yang siap kerja.

Tim peneliti mengungkapkan kemampuan tenaga kerja saat ini belum bisa mengikuti kebutuhan-kebutuhan yang ada saat ini. Tenaga kerja dihadapkan pada perubahan kondisi pasar kerja yang diakibatkan oleh adanya transformasi digital akibat perkembangan informasi dan teknologi.

 

3.jpgDiliput oleh: Inayah Hidayati, Pusat Penelitian Kependudukan LIPI

powered by social2s
Go to top

Artikel terkait