Pada 14 Maret 2019, tim Mobilitas Penduduk P2 Kependudukan LIPI mempresentasikan proposal penelitian yang berjudul ‘Diplomasi dalam Konteks Mobilitas Penduduk untuk Peningkatan Daya Saing Bangsa’ . Penelitian ini merupakan bagian dari Program Nasional ‘Penguatan Efektivitas Diplomasi Ekonomi yang Berdaya Saing dan Inklusif’ yang dikelola oleh P2 Ekonomi - IPSK LIPI.

Kajian ini memfokuskan pada isu perlindungan terhadap tenaga kerja Indonesia, baik yang bekerja di luar negeri maupun yang bekerja dalam negeri. Isu perlindungan yang dihadapi oleh pekerja migran Indonesia (PMI), khususnya yang bekerja di sektor informal, akan dikaji melalui kontrak kerja, fokus pada upah dan kerja layak (decent work); Adapun isu perlindungan terhadap tenaga kerja Indonesia, khususnya yang bekerja di perusahaan asing (multi nasional), difokuskan pada peningkatan keahlian/ketrampilan melalui alih teknologi/ pengetahuan dari tenaga kerja asing terhadap tenaga kerja Indonesia. 

Rencana penelitian dipresentasikan oleh Ade Latifa dan hadir sebagai pembahas Prof. Aris Ananta, Ph.D dan peserta dari Kementerian/Lembaga terkait seperti Kementerian Luar Negeri, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Perindustrian, BKPM, BNP2TKI dan peneliti IPSK LIPI.

2.jpg

Diliput oleh: Inayah Hidayati, Pusat Penelitian Kependudukan LIPI

Go to top

Artikel terkait