Tanggal 21 Maret 2019, Kelompok Penelitian Keluarga dan Kesehatan - Pusat Penelitian Kependudukan LIPI mengadakan seminar rancangan penelitian. Seminar ini dilakukan untuk menghimpun masukan terkait model dan strategi alternatif penguatan keluarga untuk meningkatkan kualitas kesehatan ibu, anak, lansia dan pergaulan remaja.

Presentasi pertama terkait Strategi Implementasi Penguatan Peran Keluarga Menuju Ibu dan Anak yang Sehat. Angga Sisca Rahardian menyatakan bahwa Permasalahan Ibu dan Anak yang sehat perlu dilihat melalui aspek sosial budaya agar kebijakan stakeholders dapat diimplementasikan dengan baik. Koordinasi antar stakeholder juga perlu diperhatikan agar pelayanan kesehatan dapat dilakukan dengan baik dan terintegrasi.

Kemudian dilanjutkan oleh Sari Seftiani mengenai Strategi Alternatif Penguatan Peran Keluarga untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Lansia. Menurut Sari, selama ini penelitian yang sering dilakukan berfokus kepada penguatan lansia sebagai individu yang sehat tetapi hal yang sering dilupakan adalah bagaimana peran keluarga perlu diperkuat untuk mendukung kesehatan lansia. Hal ini diperlukan karena kondisi lansia Indonesia erat dengan kondisi sosial dan budaya, dimana keluarga adalah pendukung utama bagi kesehatan lansia

Sesi terakhir, Augustina Situmorang mempresentasikan penelitian mengenai Model Alternatif Implementasi Program Remaja Terintegrasi: Penguatan Keluarga. Perilaku berisiko remaja dapat dicegah melalui pelaksanaan kegiatan-kegiatan positif. Menurutnya, perlu adanya sinergi dimulai dari stakeholders daerah sampai pusat untuk mendukung terciptanya kegiatan positif agar remaja tidak terjebak pada kegiatan-kegiatan berisiko, misalnya pornografi dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Diskusi dalam seminar ini hadir pembahas dari berbagai latar belakang yaitu : Soewarta Kosen, N. Nurlina Supartini dan Wara Pertiwi. Diskusi dalam kegiatan dipandu oleh Widayatun.

54364783_2254828341422266_4730140902918455296_o.jpg

Diliput oleh: Inayah Hidayati, Pusat Penelitian Kependudukan LIPI

powered by social2s
Go to top

Artikel terkait