Kedeputian Ilmu Pengetahuan Sosial Kemanusian (IPSK) LIPI memandang peran Ilmu Sosial  dalam kajian kebencanaan belum berperan maksimal. Untuk itu, melalui Pusat  Penelitian Kependudukan LIPI, upaya tersebut dilakukan melalui berbagai rangkaian kegiatan. 

Diskusi Pakar adalah bagian dari rangkaian Kaji Cepat Respon Penyintas ‘Triple disasters’ di Sulawesi Tengah yang akan dilakukan oleh P2 Kependudukan dan IPSK LIPI yg dipimpin oleh Gusti Ayu Surtiati, M.Si, Ph.D (cand). Diskusi pakar dilakukan untuk mendapatkan masukan dari berbagai pihak terkait pemetaan proses penanganan bencana, penggiat ilmu sosial di bidang kebencanaan, knowledge sharing, membangun center of excellence untuk ilmu sosial bidang kebencanaan, mencari solusi generik dan menghasilkan rumusan atas terbentuknya platform ilmu sosial untuk memudahkan dalam berkontribusi aktif dalam proses penyusunan kebijakan pengurangan risiko bencana. 

Hasil diskusi menghasilkan tindak lanjut kegiatan diantaranya adanya kolaborasi antara ‘hard sciences’ dan ‘social sciences’ yang dapat menggagas solusi edukasi masyarakat bencana dengan mengumpulkan berbagai sumberdaya dan sumberdata yang ada. Kedepan diharapkan dapat mengembangkan riset besar bersama, yang mampu menekan risiko bencana.

Peserta diskusi berasal dari berbagai pihak seperti LIPI, BNPB, Bappenas, BPS, STIS, BPPT, Universitas Tadulako, UGM, IABI, Tim Ekspedisi Palu-Koro, MPBI, ACT, International Tsunamy Survey System dan Kompas.

 Screenshot_2018-12-04_at_10.26.38.png

Go to top

Artikel terkait