Liputan Kegiatan

Workshop Finalisasi Kegiatan Instrumen

Oleh Puguh Prasetyoputra*

 

Pada tahun 2017, Kelompok Penelitian (Kelti) Keluarga dan Kesehatan di Pusat Penelitian Kependudukan - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Kependudukan-LIPI) akan menyelenggarakan survei tentang “Keluarga dan Kesehatan di Era Globalisasi: Determinan Sosial Maternal, Remaja dan Lansia.” Survei akan dilakukan di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara ini akan dimotori oleh ketiga tim yaitu Tim Remaja, Tim Ibu-Anak, dan Tim Lansia.

Untuk memastikan bahwa hasil survey dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, maka instrument survei perlu disusun secara seksama. Salah satu cara untuk mendapatkan masukan dari pakar-pakar survei adalah dengan menyelenggarakan workshop.

Pada hari Rabu, 12 April 2017, P2 Kependudukan menyelenggarakan Workshop Finalisasi Instrumen Survei Kelti Keluarga dan Kesehatan yang bertempat di Gedung Widya Graha Lt. 10. Pakar-pakar survei yang diundang adalah dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistik - Badan Pusat Statistik (STIS-BPS), yakni Dr. Tiodora Hadumaon Siagian, M.Pop.Hum.Res. dan Achmad Prasetyo, B.St, S.Si, M.M. Selain itu, P2 Kependudukan juga mengundang Masfufah, SST., SE, M.Si dari Badan Pusat Statistik dan Dinda Srikandi Radjiman, SKM, M.Si dari Lembaga Demografi - Universitas Indonesia, serta beberapa peneliti dari Pusat Penelitian KB dan KS - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Sesi pertama diisi oleh Pak Achmad Prasetyo yang memaparkan berbagai bentuk cara penarikan sampel beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Selain itu, beliau juga memberikan masukan untuk perbaikan kuesioner dan beberapa cara penarikan sampel yang cocok untuk ketiga tim dan Kota Medan. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari Dr. Tiodora mengenai struktur kuesioner yang baik. Beliau juga memberikan masukan untuk perbaikan kuesioner. Lalu pada sesi terakhir, para undangan lainnya diberikan kesempatan untuk memberikan masukan pada kuesioner dari ketiga tim. Workshop ini diharapkan dapat menajamkan instrument survei yang akan digunakan oleh Kelti Keluarga dan Kesehatan sekaligus juga sebagai bentuk capacity building para peneliti di Kelti tersebut.

 

*) Peneliti Junior, Pusat Penelitian Kependudukan-LIPI

Terpopuler

PPK LIPI on Twitter

Go to top

Artikel terkait