Sosialisasi dan Pelatihan Open Journal Systems (OJS)

Jurnal Kependudukan Indonesia (JKI) untuk Penulis

Puguh Prasetyoputra*

 

Open Journal Systems (OJS) merupakan sistem manajemen dan penerbitan jurnal yang dikembangkan oleh Public Knowledge Project. Sistem yang bersifat public domain ini dapat dimanfaatkan oleh publik secara cuma-cuma dengan mengikuti ketentuan-ketentuan yang ada. Penggunaan system OJS ini sangat sesuai digunakan untuk penerbitan jurnal yang bersifat terbuka (open access) dan daring (online). Tidak semua jurnal ilmiah yang ada di LIPI telah menggunakan system ini. Jurnal Kependudukan Indonesia (JKI) yang dikelola oleh Pusat Penelitian Kependudukan (P2K) LIPI mencoba memanfaatkan system OJS ini dalam mempublikasikan artikel.

Dalam kurun waktu satu tahun terakhir, Dewan Redaksi dan Tim IT JKI telah berhasil membangun sistem penerbitan jurnal berbasiskan OJS. Sistem ini masih tergolong baru dan belum tersosialisasi kepada para penulis jurnal. Pusat Penelitian Kependudukan (P2K) sebagai pengelola JKI berinisiatif melakukan Sosialisasi dan Pelatihan OJS JKI dengan sasaran utama para Peneliti di lingkungan P2K. Sosialisasi dan Pelatihan yang diselenggarakan pada tanggal 31 Januari 2017 ini diharapkan dapat mengubah kebiasaan Penulis untuk mengirimkan artikel secara online dan tidak lagi mengirim artikel melalui surat elektronik maupun cetak. Dua instruktur utama yang memandu acara ini yaitu Syarifah Aini Dalimunthe, M.Sc dan Intan Adhi Perdana Putri, M.Si, serta dibantu oleh anggota Dewan Redaksi lainnya.

 

Sosialisasi OJS JKI2

Gambar: Pelatihan OJS JKI

Sumber: Redaksi JKI

 

Acara ini dimulai dengan sosialisasi situs web JKI. Pengenalan terkait laman yang terdapat pada web JKI dijelaskan saru persatu, mulai dari laman depan (Home dan About) hingga laman untuk arsip terbitan terdahulu (Archive). Laman lain seperti laman untuk masuk (Login), pendaftaran (Register), pencarian (Search), pengumuman (Announcements) dan terbitan terkini (Current) juga menjadi materi pengenalan web JKI.

Sosialisasi dan pelatihan ini dilanjutkan dengan materi mengenai cara pendaftaran atau pembuatan akun OJS JKI. Pembuatan akun OJS JKI ini diawali dengan pengisian biodata dan beberapa informasi lain, kemudian dilanjutkan dengan 5 tahapan untuk meng-upload artikel. Tahapan yang harus diselesaikan tersebut terdiri dari (1) Start, (2) Upload Submission, (3) Enter Metadata, (4) Upload Supplementary Files, dan (5) Confirmation.

 

OJS JKI Home

 Gambar: Laman depan situs web JKI

Sumber: Redaksi JKI

 

Acara sosialisasi dan pelatihan ini diakhiri dengan simulasi penerimaan hasil review dari mitra bestari kepada penulis hingga tahapan proofread. Selain penjelasan mengenai penggunaan OJS JKI,  instruktur juga menjelaskan status JKI yang terlah terindeks dalam sistem pengindeksan baik nasional maupun internasional. Sebagai bukti JKI merupakan jurnal yang terpercaya, JKI telah terindeks dalam ISJD (Indonesian Scientific Journal Database), Google Cendikia (Google Scholar), dan DOAJ (Directory of Open Access Journals).

Kesuksesan acara sosialisasi dan pelatihan ini ditandai dengan antusiasme peserta pelatihan yang cukup besar. Antusiasme ini ditandai dengan banyaknya pertanyaan dari peserta mengenai berbagai macam aspek dan masukan-masukan kepada pengelola JKI. Masukan yang diberikan oleh peserta sosialisasi dan pelatihan ini dapat menjadi bahan perbaikan bagi redaksi JKI baik dalam hal teknis pada situs web OJS JKI maupun pada manajemen penerbitan jurnal. Materi pelatihan berupa Panduan Penggunaan OJS untuk Penulis akan segera dapat diunduh di situs P2 Kependudukan LIPI (http://kependudukan.lipi.go.id/). OP

 

*Peneliti di Pusat Penelitian Kependudukan LIPI

Situs web JKI dapat diakses di http://ejurnal.kependudukan.lipi.go.id/ojs248jki/index.php/jki

PPK LIPI on Twitter

Go to top

Artikel terkait