Jurnal Kependudukan Indonesia (JKI) adalah Jurnal Peer-reviewed yang diterbitkan dua kali dalam setahun oleh Pusat Penelitian Kependudukan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Jurnal ini diterbitkan pertama kali tahun 1989 dengan nama Buletin PPT-LIPI. Pada tahun 2006, berubah nama menjadi Jurnal Kependudukan Indonesia dan telah terakreditasi di tingkat nasional.

Dewan Redaksi JKI mengundang rekan-rekan Peneliti, Akademisi, Penggiat, dan Praktisi untuk mengirimkan artikel ilmiah yang merupakan hasil kajian dan penelitian serta timbangan ilmiah, yang berkaitan dengan isu dinamika kependudukan, ketenagakerjaan, dan ekologi manusia. Isu dinamika kependudukan mencakup antara lain fertilitas, mortalitas, dan migrasi. Isu Ketenagakerjaan meliputi kuantitas dan kualitas Sumber Daya Manusia, penyiapan, pemanfaatan, dan penguatan dalam hubungan industrial. Isu ekologi manusia mencakup antara lain hubungan antara penduduk, alam, dan lingkungan.

Isu-isu dinamika kependudukan, ketenagakerjaan, dan ekologi manusia tersebut dapat dianalisis dari berbagai perspektif disiplin ilmu, serta dikaitkan dengan isu-isu strategis, seperti jender, aging, politik identitas, perubahan iklim, kebencanaan, pengangguran, serta kebijakan dan pelayanan publik.

Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan menggunakan tata bahasa yang benar minimal 5000 kata disertai abstrak (200- 300 kata dalam bahasa Inggris dan Indonesia). Artikel dikirim ke Redaksi JKI melalui email: ">

 

PPK LIPI on Twitter

Go to top

Artikel terkait