Berasal dari Wuhan, China, COVID-19 terus menyebar luas secara universal termasuk di Jakarta, Indonesia semenjak 2 Maret 2020 (Kurniandari, 2020). Sejak abad ke 19 pandemik yang menyebabkan kematian seperti cacar (Amerika dan Afrika tahun 1800-an), kolera (Eropa 1851),  flu Spanyol (Spanyol, 1918), SARS (China, 2003), COVID-19 (China, 2019) secara alamiah mempengaruhi beragam  sektor terkait seperti sistem perawatan kesehatan; sektor tenaga kerja dan aksesibilitas (Cheng, Li, & Yang, 2020; Cinelli et al., 2020; Page & Hamzelou, 2020; United Nations, 2020; White, 2020). COVID-19 merupakan pandemik yang mengguncang dunia dan mengganggu keberlangsungan berbagai sektor global dengan tingkat penyebaran yang tinggi dan vaksin yang belum ditemukan (Cinelli et al., 2020; WHO, 2020). Pemerintah Indonesia menetapkan 11 regulasi yang meminimalisir aktivitas masyarakat secara berkelompok baru semenjak 4 Februari hingga 24 Maret 2020 untuk mengurangi penyebaran pandemi tersebut di Indonesia. Kebijakan yang ditetapkan seperti PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), PSBL (Pembatasan Sosial Berskala Lokal), social distancing, pembatasan kapasitas transportasi umum, pemberlakuan WFH (Work From Home), himbauan untuk tidak mudik, dan penerapan kegiatan edukasi secara daring (Agmasati, 2020; Azanella, 2020; Chick et al., 2020; Idris, 2020; Sari, 2020b; Sudjatma et al., 2020; United Nations, 2020; Winahyu, 2020).

Pemberlakuan kebijakan atau himbauan yang bersifat multidimensional serta dilaksanakan secara beruntun di mulai dari DKI Jakarta (14 Maret 2020), Jawa Barat (6 Mei 2020), Jawa Timur (12 Mei 2020) serta wilayah lainnya diseluruh Indonesia menciptakan gejolak negatif pada berbagai sektor, seperti terhambatnya aksesibilitas dan mobilitas tenaga kerja (Azanella, 2020; Purba, 2020; Ramadhan & Galih, 2020). Jika pemberlakuan ini diterapkan lebih lama, tentu akan menimbulkan preseden negatif yang berimbas pada peningkatan pengangguran, resiko kesehatan, dan penurunan produktivitas khususnya bagi pekerja informal dan profesi tertentu yang tidak bisa dikerjakan dari rumah seperti tenaga kerja kesehatan, pekerja bangunan, dan pengendara transportasi online (ILO, 2020b; Sudjatma et al., 2020). Sumner et al., (2020) mengestimasikan total potensi orang miskin baru karena dampak COVID-19 pada tingkat pendapatan U$ 3.2 / hari sebanyak lebih 130 juta orang dan pada tingkat pendapatan U$ 5.5 / hari sebanyak 124 juta orang didunia. Sri Mulyani (Menteri Keuangan) memperkirakan pengangguran di Indonesia akan meningkat sebanyak 3,78 juta orang akibat COVID-19 (Fauzia & Sukmana, 2020). Hal ini buktikan oleh DKI Jakarta yang menerapkan PSBB semenjak 7 April 2020 menciptakan pengangguran sebanyak 227.722 orang dimana sektor perdagangan, hotel, dan restoran adalah sektor yang melakukan PHK terbanyak (BPS Jakarta, 2020; Putri, 2020).

 

Lockdown Generation

Lockdown generation merupakan pengangguran yang tercipta pada masa pandemi COVID-19, generasi ini dari para fresh graduate / pengangguran terdidik dengan rata-rata tingkat pendidikan sekolah menengah atas hingga perguruan tinggi pada rentang usia 15-24 tahun. “Decent Jobs for Youth” dalam penelitiannya menyebutkan 1 dari 6 anak muda didunia ter PHK saat COVID-19 dengan rentang usia 18-29 tahun, sedangkan di Indonesia 6 dari 10 masyarakat dirumahkan pada masa COVID-19 (BPS, 2020a; Decent Jobs for Youth, 2020). Tenaga kerja wanita merupakan tenaga kerja terbanyak yang menganggur, dirumahkan, dan ter-PHK dimasa pandemik karena sebagian besar bekerja di sektor dengan resiko tinggi PHK seperti UMKM, transportasi dan akomodasi, kondisi yang sama juga ditemukan namun justru didominasi oleh pria pada sektor yang sama (Badan Pusat Statistik, 2020a; ILO, 2020a; Marthalina, 2018; Rahayu, 2018). Kondisi ini akan menyulitkan para lockdown generation dalam pasar tenaga kerja setelah masa pandemik berakhir karena tingginya persaingan kerja yang disebabkan oleh melonjaknya permintaan lapangan pekerjaan berkualitas dengan tingkat pendapatan yang baik (UMR) tanpa diikuti dengan jumlah penawaran tenaga kerja yang seimbang (ILO, 2020a).

 

Strategi Bertahan Pada Masa Pandemi

Lockdown generation mengatasi kondisi non produktif selama pandemi melalui beragam cara, seperti meningkatkan kemampuan mereka dengan mengikuti beragam pelatihan online seperti program rakerja atau melalui platform online lain seperti Youtube, Pinterest, Instagram, dan Tiktok. Data Twitter menyebutkan semenjak 25 Mei 2020 terdapat 1.961 pembicaraan (tweet) terkait kartu prakerja (beda ID dan username) yang menujukkan bahwa pelatihan dari program prakerja secara efektif dapat mengurangi tingkat pengangguran Indonesia selama pandemi. BPS (2020) juga menyatakan terjadi peningkatan produktivitas dalam bidang kuliner atau kosmetik semenjak Januari 2020 hingga April 2020. Setelah menerima pelatihan online dari program prakerja, lockdown generation memulai untuk meningkatkan produktivitas mereka dari rumah dengan membuka usaha online seperti kuliner atau distributor kosmetik, atau menjadi pekerja lepas (freelance) dan vlogger dengan tema aktivitas yang dapat di lakukan di rumah seperti memasak, mengulas makanan, dan membuat tutorial kecantikan. Vlogger merupakan jenis pekerjaan yang popular saat pandemi, berdasarkan data Twitter 25 Mei – 8 Juni 2020 terdapat tweet terkait vlog sebanyak 1.054 dari 5.189 tweet yang merujuk pada beragam media sosial lain yang digunakan sebagai media sosial utama untuk vlogging seperti Youtube, Instagram, dan Tiktok. Sementara, tweet terkait freelance hanya berjumlah 93 tweet, sebab freelancer merupakan istilah yang jarang digunakan dan masih banyaknya anggapan bahwa freelancer harus memiliki keterampilan khusus seperti menulis (content writing, copy writing, translate) ataupun programing.

Kebijakan penanggulangan COVID-19 yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia masih dinilai tidak maksimal oleh warga Indonesia melalui media sosial, sebab adanya perbedaan antara penerapan regulasi yang diharapkan oleh pemerintah dengan yang dilakukan oleh masyarakat  (Galih, 2020; Handi & Hantoro, 2020; Iwd, 2020). Seperti lemahnya infrastruktur terkait teknologi pada daerah yang terletak jauh dari pusat kota akan meningkatkan hambatan masyarakat kawasan tersebut untuk bekerja (seperti sektor pendidikan dengan sistem daring) (ILO, 2020a; Saubani, 2020). Selain itu PSBB dan PSBL yang kurang ditaati oleh masyarakat menjadikan banyak daerah yang memperpanjang waktu karantina dan memperlambat aktivitas produktif pada daerah yang seharusnya bisa melaksanakan regulasi new normal (Azmi, 2020; Persada, 2020; Purba, 2020; Sari, 2020a). Penerbitan kartu prakerja oleh pemerintah Indonesia semenjak 28 Februari 2020 hanyalah solusi sementara untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan yang tercipta saat pandemi. Pemilik kartu prakerja berhak mendapatkan intensif sebanyak Rp.600.000 selama 3-4 bulan, dengan prioritas penerima kartu prakerja adalah masyarakat yang dirumahkan saat COVID-19 terjadi di Indonesia. Sebagai solusi sementara, kartu prakerja ini diharapkan mampu memotivasi masyarakat Indonesia untuk terus meningkatkan keterampilan / bakat pribadi melalui pelatihan yang telah disediakan dan mendapatkan pekerjaan sesuai kompetensi yang dimiliki (Peraturan Presiden Republik Indonesia No 36 Tahun 2020).

 

Upaya Pemerintah

COVID-19 merupakan pandemik mematikan dengan tingkat penyebaran tinggi yang mempengaruhi sektor ketenagakerjaan Indonesia Tingginya tingkat pengangguran terdidik pada usia (15-29 tahun) didominasi oleh pekerja pria pada sektor yang memiliki resiko PHK tinggi di Indonesia. Untuk mengatasi hal tersebut pemerintah membuat kebijakan baru yaitu program kartu prakerja sebagai solusi sementara untuk meningkatkan keterampilan dan produktivitas masyarakat yang menganggur pada sektor tertentu. Selain itu program prakerja juga digunakan sebagai  salah satu sarana pemberian insentif bagi masyarakat yang terkena dampak negatif karena penyebaran COVID-19 di Indonesia, seperti ter PHK atau tidak mendapatkan pekerjaan. Tujuannya setelah masa pandemik selesai masyarakat yang menganggur bisa mencari dan mendapatkan pekerjaan atau berwirausaha sesuai dengan keterampilan yang didapatkannya melalui program kerja.

 

Ditulis oleh Joshi Maharani Wibowo, Lulusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

 

 

Referensi

Agmasati, S. (2020, March 23). 19 Perjalanan KA Jarak Jauh Keberangkatan Jakarta Dibatalkan, Simak Daftar Lengkapnya. Kompas, p. 1. Retrieved from https://travel.kompas.com/read/2020/03/23/143340427/19-perjalanan-ka-jarak-jauh-keberangkatan-jakarta-dibatalkan-simak-daftar?page=all

Azanella, L. A. (2020, April 7). Kasus Covid-19 di DKI Jakarta dan Penerapan PSBB yang Telah Disetujui Menkes... Kompas, p. 3. Retrieved from https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/07/114643065/kasus-covid-19-di-dki-jakarta-dan-penerapan-psbb-yang-telah-disetujui?page=2

Azmi, F. (2020, June 8). Ini Sikap Sidoarjo Setelah PSBB Jilid 3: Ingin Transisi New Norma. Detik, p. 1. Retrieved from https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5045108/ini-sikap-sidoarjo-setelah-psbb-jilid-3-ingin-transisi-new-normal

BPS Jakarta. (2020). Penduduk Provinsi DKI Jakarta Berumur 15 Tahun ke Atas yang Bekerja Selama Seminggu yang Lalu Menurut Lapangan Pekerjaan Utama dan Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan, 2018 - 2019. Retrieved from https://jakarta.bps.go.id/dynamictable/2019/09/18/65/3-2-8-penduduk-provinsi-dki-jakarta-berumur-15-tahun-ke-atas-yang-bekerja-selama-seminggu-yang-lalu-menurut-lapangan-pekerjaan-utama-dan-pendidikan-tertinggi-yang-ditamatkan-2018---2019.html

BPS. (2020a). Hasil Survei Sosial Demografi Dampak COVID-19. Jakarta.

BPS. (2020b). Tinjauan Big Data Terhadap Dampak COVID-19. Jakarta.

Cheng, H. Y., Li, S. Y., & Yang, C. H. (2020). Initial rapid and proactive response for the COVID-19 outbreak — Taiwan’s experience. Journal of the Formosan Medical Association, (xxxx), 4–6. https://doi.org/10.1016/j.jfma.2020.03.007

Chick, R. C., Clifton, G. T., Peace, K. M., Propper, B. W., Hale, D. F., Alseidi, A. A., & Vreeland, T. J. (2020). ARTICLE IN PRESS Using Technology to Maintain the Education of Residents During the COVID-19 Pandemic. Journal of Surgical Education. https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2020.03.018

Cinelli, M., Quattrociocchi, W., Galeazzi, A., Valensise, C. M., Brugnoli, E., Schmidt, A. L., … Scala, A. (2020). The COVID-19 Social Media Infodemic. 1–18. Retrieved from http://arxiv.org/abs/2003.05004

Decent Jobs for Youth. (2020). Let’s act to prevent long-term youth labour market exclusion and scarring. Retrieved June 8, 2020, from Decent Jobs for Youth website: https://www.decentjobsforyouth.org/resource-details/643

Fauzia, M., & Sukmana, Y. (2020, March 14). Dampak Corona, Angka Kemiskinan Bisa Meningkat 3,78 Juta Orang. Kompas, p. 1. Retrieved from https://money.kompas.com/read/2020/04/14/141348026/dampak-corona-angka-kemiskinan-bisa-meningkat-378-juta-orang

Galih, B. (2020, March 16). Jokowi Larang Pemerintah Daerah Lakukan Lockdown Terkait Covid-19. Kompas, p. 2. Retrieved from https://nasional.kompas.com/read/2020/03/16/15420291/jokowi-larang-pemerintah-daerah-lakukan-lockdown-terkait-covid-19?page=2

Handi, I., & Hantoro, J. (2020, April 8). PSBB Diterapkan, Begini Pembatasan Angkutan Pribadi dan Umum. Tempo, p. 2. Retrieved from https://metro.tempo.co/read/1329427/psbb-diterapkan-begini-pembatasan-angkutan-pribadi-dan-umum/full&view=ok

Idris, M. (2020, April 3). Simpang Siur Larangan Mudik Lebaran 2020 Akhirnya Terjawab. Kompas, p. 1. Retrieved from https://money.kompas.com/read/2020/04/03/105550826/simpang-siur-larangan-mudik-lebaran-2020-akhirnya-terjawab?page=all

ILO. (2020a). ILO Monitor: COVID-19 and the world of work. Third edition Updated estimates and analysis. Retrieved from https://gisanddata.maps.arcgis.com/apps/opsdashboard/index.html#/bda7594740fd40299423467b48e9ecf6

ILO. (2020b). The effects of COVID‑19 on trade and global supply chains. The Lancet. Infectious Diseases, 20(2), 1–6. https://doi.org/10.1016/S1473-3099(20)30015-3

Iwd. (2020). Kebijakan “Lockdown” Kota Malang yang Akhirnya Dianulir dan Direvisi. Detik, p. 1. Retrieved from https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4941992/kebijakan-lockdown-kota-malang-yang-akhirnya-dianulir-dan-direvisi

Kurniandari, R. (2020, April 1). Diumumkan Pertama 2 Maret 2020, Ini Rekap Kasus Corona di Indonesia Sepanjang Maret, 1.528 Positif Diumumkan Pertama 2 Maret 2020, Ini Rekap Kasus Corona di Indonesia Sepanjang Maret, 1.528 Positif. Kompas, p. 1. Retrieved from https://www.tribunnews.com/corona/2020/04/01/diumumkan-pertama-2-maret-2020-ini-rekap-kasus-corona-di-indonesia-sepanjang-maret-1528-positif

Marthalina. (2018). Pemberdayaan perempuan dalam mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) di indonesia. (Jurnal Pembangunan Pemberdayaan Pemerintahan, 3(juni), 59–76.

Peraturan Presiden Republik Indonesia No 36 Tahun 2020 Tentang Pengembangan Komptensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja

Persada, A. S. (2020, June 7). Khofifah: Malang Raya Belum Bisa New Normal, PSBB Dilanjutkan. Tempo, p. 1. Retrieved from https://nasional.tempo.co/read/1350777/khofifah-malang-raya-belum-bisa-new-normal-psbb-dilanjutkan/full&view=ok

Purba, D. O. (2020). PSBB Surabaya Raya Diperpanjang hingga 8 Juni. Kompas, p. 1. Retrieved from https://surabaya.kompas.com/read/2020/05/25/22121411/psbb-surabaya-raya-diperpanjang-hingga-8-juni

Putri, C. A. (2020, April 10). PSBB Berlaku per Hari Ini, Apa Dampaknya ke Ekonomi Jakarta? CNBCIndonesia, p. 1. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/news/20200410061039-4-151038/psbb-berlaku-per-hari-ini-apa-dampaknya-ke-ekonomi-jakarta/1

Rahayu, A. T. (2018). Gambaran Keberdayaan Perempuan di Desa Wisata Pentingsari berdasarkan Resident Empowerment through Tourism Scale ( RETS ). Gadjah Mada Journal of Tourism Studies, 1(1), 1–11.

Ramadhan, A., & Galih, B. (2020). Ridwan Kamil Sebut Hasil PSBB Se-Jawa Barat Menggembirakan Artikel. Kompas, p. 1. Retrieved from https://nasional.kompas.com/read/2020/05/16/17024841/ridwan-kamil-sebut-hasil-psbb

Sari, N. (2020a). Anies Kembali Perpanjang PSBB Jakarta sampai 4 Juni 2020. Kompas, p. 1. Retrieved from https://megapolitan.kompas.com/read/2020/05/19/17291841/anies-kembali-perpanjang-psbb-jakarta-sampai-4-juni-2020

Sari, N. (2020b). PSBL, Cara Jakarta Kunci RW Zona Merah Covid-19. Kompas, p. 1. Retrieved from https://megapolitan.kompas.com/read/2020/06/04/11212451/psbl-cara-jakarta-kunci-rw-zona-merah-covid-19

Saubani, A. (2020, March 20). Gagap Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Corona. Republika, p. 1. Retrieved from https://republika.co.id/berita/q7i0xj409/gagap-pembelajaran-daring-di-tengah-wabah-corona

Sudjatma, A., Indrawan, M., Sinapoy, M. S., Rafliana, I., Djalante, S., Gunawan, L. A., … Surtiari, I. G. A. (2020). Review and analysis of current responses to COVID-19 in Indonesia: Period of January to march 2020. Progress in Disaster Science, (march), 1–37. https://doi.org/10.1016/j.pdisas.2020.100091

Sumner, A., Hoy, C., & Ortiz-Juarez, E. (2020). Estimates of the Impact of COVID-19 on Global Poverty. WIDER, 43(April), 1–14. https://doi.org/10.35188/UNU-WIDER/2020/800-9

United Nations. (2020). SHARED RESPONSIBILITY , GLOBAL SOLIDARITY : Responding to the socio-economic impacts of COVID-19.

White, A. I. R. (2020). Historical linkages: epidemic threat, economic risk, and xenophobia. The Lancet, 6736(20), 1–2. https://doi.org/10.1016/s0140-6736(20)30737-6

WHO. (2020). Coronavirus. Retrieved April 8, 2020, from https://www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab_1

Winahyu, A. I. (2020, March 15). Cegah COVID-19, Kemendikbud Sediakan Aplikasi Belajar Daring. MediaIndonesia, p. 1. Retrieved from https://mediaindonesia.com/read/detail/296771-cegah-covid-19-kemendikbud-sediakan-aplikasi-belajar-daring

powered by social2s
Go to top

Artikel terkait